• Identitas
  • Struktural

         A. SEJARAH BERDIRINYA PROGRAM STUDI

BERDIRI TAHUN 2013 Tanggal 2 Juli 2013 dengan Nomor 257/E/O/2013 ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Matematika (S-1) pada Universitas Kuningan, yang ditetapan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

 

        B. VISI PROGRAM STUDI

Pada tahun 2032 menjadi Program Studi Pendidikan Matematika yang unggul dan kompetitif  dalam bidang pendidikan matematika serta berkomitmen tinggi dalam pemberdayaan masyarakat.

 

        C. MISI PROGRAM STUDI
  1. Menyelenggarakan pembelajaran, bimbingan dan pelatihan pada mahasiswa guna menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif dalam bidang pendidikan matematika.
  2. Memberikan kontribusi nyata dalam penyelenggaraan penelitian pada bidang pendidikan dan ilmu matematika.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat secara terpadu yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat.
  4. Membina dan mengembangkan kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai  dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  5. Mengembangkan keilmuan matematika dalam bidang pendidikan yang mampu menemukan model-model pembelajaran dalam bidang pendidikan matematika.
  6. Menjadikan center pengembangan keilmuan pendidikan matematika bagi pendidik dan tenaga kependidikan matematika di wilayah Jawa Barat.

 

       D. TUJUAN PROGRAM STUDI
  1. Mengembangkan potensi mahasiswa sehingga menjadi mahasiswa yang bertakwa, sehat jasmani dan rohani serta menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pendidikan matematika, teknologi dan seni yang memiliki nilai - nilai moral dan berdaya saing serta memiliki jiwa kewirausahaan yang dapat  dikembangkan dilingkungan sekolah dan masyarakat.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian di bidangn pendidikan dan ilmu matematika yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi hak atas kekayaan intelektual (HaKI).
  4. Membantu, melayani dan mendampingi masyarakatt dalam bidang pendidikan dan pembelajaran matematika.
  5. Menjadi mitra pemerinta/instansi terkait dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.

 

        E PROGRAM KERJA PRODI
  1. Memberikan kesempatan kepada dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
  2. Memfasilitasi dosen dalam menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan matematika.
  4. Mengadakan pembinaan olimpiade matematika dan kegiatan ilmiah lain yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika
  5. Pembuatan Prosedur Operasi Standar program studi
  6. Pembukaan perpustakaan dan laboratorium program studi
  7. Memaksimalkan manajemen dan pelayanan akademik program studi
  8. Melaksanakan evaluasi diri dan penjaminan mutu secara berkesinambungan
  9. Meningkatkan kinerja dan kreativitas staf jurusan
  10. Memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum
  11. Peningkatan pelayanan akademik mahasiswa
  12. Melakukan kerja sama dengan instansi-instansi lain dalam bidang akademik dan non akademik.

     G. STRUKTUR ORGANISASI

 

Garis Komando

Garis Koordinasi

       F. STAF PENGAJAR

 Program Studi Pendidikan matematika UNIKU memiliki keunggulan dalam bidang SDM dosen yang berpredikat Master dari perguruan tinggi ternama seperti UPI, ITB dan  UNNES.

     

     G. CAPAIAN PEMBELAJARAN / LEARNING OUTCOME LULUSAN
  1. Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik  matematika dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik  yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut.
  3. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas atau sekolah dan lembaga pendidikan yang dipercayakan kepadanya dengan penuh tanggungjawab.
  4. Mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis multimedia.
  5. Mampu menganalisis data hasil penelitian.

 

 

Mohamad Riyadi, M.Si.

Mohamad Riyadi, M.Si.

Ketua Program Studi

Azin Taufik, M.Pd.

Azin Taufik, M.Pd.

Sekretaris Program Studi

Nuranita Adiastuty, M.Pd.

Nuranita Adiastuty, M.Pd.

Kepala Laboratorium Matematika

Anggar Titis Prayitno, M.Pd.

Anggar Titis Prayitno, M.Pd.

Dosen Tetap Yayasan

Sumarni, M.Pd.

Sumarni, M.Pd.

Dosen Tetap Yayasan

Nunu Nurhayati, M.Pd.

Nunu Nurhayati, M.Pd.

Dosen Tetap Yayasan