SEMINAR NASIONAL & CALL PAPERS


SEMINAR NASIONAL & CALL PAPERS

Program Studi Pendidikan Matematika kembali menggelar seminar nasional dan call papers dengan mendatangkan dua narasumber yaitu Dr. Agus Yogi Gunawan (Dosen Matematika Industri dan Keuangan ITB) serta Dr. Ariyadi Wijaya, S.Pd.Si., M.Sc. (Pakar Teknologi Pembelajaran Matematika UNY). Seminar ini diselenggarakan dengan tema"Peran Pendidikan Matematika dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0". 

  Pendidikan sebagai subsistem pembangunan harus berorientasi pada pengembangan kemampuan peserta didik untuk siap bekerja dan mampu menciptakan lapangan kerja dengan memanfaatkan potensi-potensi yang terdapat di sekitarnya. Pendidikan perlu mengubah keluaran pendidikan dari worker society ke employee society untuk menjadi entrepreneur society, karena Kemajuan suatu masyarakat dan bangsa tidak ditentukan oleh worker society, melainkan oleh employee society. Oleh karena itu memanfaatkan ilmu pengetahuan menggunakan internet of things diyakini akan jauh lebih efisien dan murah. Dengan itu negara perlu mempertimbangkan besaran nilai investasi pendidikan yang harus dikeluarkan sebanding dengan laju perkembangan digitalisasi.

Eknologi digital di Indonesia memerlukan suatu logika baru sesuai dengan prinsip kuantum melalui penciptaan Quantum Bit (Qubit). Ketika teknologi informasi dan elektronika terupdate menggunakan ilmu pengetahuan dari lingkungan eksternal, maka Qubit merupakan jawaban yang tepat. Qubit menggunakan mekanika kuantum untuk mengkodekan informasi baik sebagai 1 dan 0 pada saat yang bersamaan. Injeksi teori “mekanika kuantum” ke dalam “quantum computer” menggunakan fenomena mekanika kuantum berupa superposition, entanglement, multi-verse dan tunneling. Namun hingga saat ini Quantum Computing masih dalam tahap perkembangan.

Dengan kondisi demikian, kedepan tidak menutup kemungkinan semua hal akan dapat ditemukan dan dibuat dalam versi digital. Karena itu pemerintah sudah seharusnya mendukung pendanaan penelitian komputasi kuantum untuk mengembangkan komputer kuantum yang lebih efisien dan bermanfaat.

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Kuningan memiliki visi untuk menjadi program studi yang unggul dan kompetitif dibidang pendidikan matematika dan berkomitmen tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat, sedangkan capain pembelajaran khusus dari program studi adalah unggul dalam multimedia pembelajaran. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.

Pemanfaatan multimedia dalam dunia pendidikan dalam upaya menyongsong revolusi industri ke 4 harus menjadi perhatian lebih bagi pakar dan pengamat pendidikan, sehingga dunia pendidikan menjadi semakin maju dan mampu berkompetisi dikancah international. Mempertimbangkan berbagai fenomena di atas, maka Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Kuningan pada tahun 2018 akan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Peran Pendidikan Matematika dalam Menghadapi Revolusi Industri Ke 4”.

Untuk Formulir dapat diunduh disini

Untuk Teamplate Prosiding dapat diunduh disini

Untuk Famplet dapat diunduh disini