EDS UNIKU Hadirkan Pelatih debate terbaik NUDC


EDS UNIKU Hadirkan Pelatih debate terbaik NUDC

UNIKU - Dalam rangka menjaga kualitas debater serta upgrade informasi terkait dinamika lomba debate bahasa Inggris, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) English Debating Society (EDS) Universitas Kuningan (Uniku) secara rutin menghadirkan pelatih debate berkelas nasional bahkan internasional.  Setelah di tahun sebelumnya, EDS UNIKU menghadirkan duo pelatih asal ITB dan Undip, kali ini EDS UNIKU menghadirkan pelatih asal Universitas Pendidikan Indonesian (UPI) Bandung, ia adalah Arif Finara yang merupakan mahasiswa pascasarjana yang sudah lama melanglangbuana dalam dunia perdebatan bahasa Inggris.

“Sejak hari Jumat ia berada di Kuningan untuk memberikan pelatihan debate bagi anggota UKM EDS Uniku. Pemilihan Arif Finara sebagai coach tahun ini bukanlah tanpa alas an. Ia merupakan pelatih debate di beberapa Universitas mapan di Bandung macam UPI, Unikom dan Unjani Bandung. Ia juga menjadi langganan sebagai adjudication dilomba debate bertaraf nasional macam ALSA Unpad dan ALSA UI. Bahkan tahun lalu, ia terpilih sebagai best adjudicator di ajang National University Debating Championship (NUDC) Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten,” kata Ari Khaerudin saat dimintai keterangannya, Selasa (24/04/2018).

Diterangkannya, dalam waktu yang cukup singkat selama di Universitas Kuningan (Uniku), Arif sapaan akrabnya, memberikan berbagai macam pengetahuan debate yang harus dimiliki oleh seluruh anggota UKM EDS Uniku untuk bisa turun di ajang debate tingkat nasional.

“Alhamdulillah, dalam kurun waktu yang sukup singkat, dia langsung memberikan berbagai macam pengetahuan debate untuk seluruh anggota UKM EDS Uniku. Dia sangat detail menjelaskan dan berbagi ilmu terkait debate agar bisa turun di ajang debate nasional,” terang mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) yang pernah mengikuti program SIT IN di Thailand.

Sementara itu, President UKM EDS Uniku Nursidik, menjelaskan, bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih dan mendalam terkait debate bahasa Inggris terhadap anggota EDS, terutama bagi anggota rekrutan baru.”Tujuan dari kegiatan ini adalah agar memberikan wawasan dan ilmu yang lebih bagi anggota UKM EDS Uniku khususnya bagi anggota rekrutan baru,” tuturnya.

Ditempat terpisah, Arif Finara, mengatakan, dirinya merasa senang bisa diundang untuk hadir ke Kuningan, untuk berbagi ilmu dan pengalaman terhadap mahasiswa dan mahasiswi UNIKU. "Saya merasa senang dan terkesan dengan keramahan UNIKU terhadap saya. Semoga, apa yang saya bagi dapat bermanfaat,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, rencana EDS UNIKU juga akan kembali mengikuti kompetisi debate di beberapa kampus di Indonesia sebagai ajang persiapan untuk berlaga di kejuaraan debate tertinggi di Indonesia, yakni NUDC. Dimana tahun lalu tim EDS UNIKU berhasil maju sampai babak semifinal novice kategori di Semarang.

(Sumber : Nursidik / EDS / Uniku-red)